Sabtu, 23 April 2011

pidato tentang rokok

Nama : Evi Nurhidayah
NIM : B1003014
Kelas : Kesling A


PIDATO TENTANG ROKOK

Assalamu’alaikum wr. Wb
Alhamdulillahirobbil’alaminwabihinasta’inu‘alaumuridunyawaddin,washolatuwashallamu’ala asrofil amyaiwalmursalin sayidina wamaulana muhammadin, wa’ala alihi wasohbihi ajma’in, amma ba’du.
Kepada Bapak Taat selaku Kepala Desa Singomerto yang saya hormati, dan para tamu undangan ibu-ibu Kader Posyandu yang saya hormati pula. Tak lupa saya ucapkan terima kasih Kepada Bapak Taat yang telah memberikan saya kesempatan untuk berbicara pada kesempatan kali ini.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Alloh SWT atas limpahan rahmat, hidayah serta inayah-Nya sehingga kita masih dapat bermuwajahah dalam kegiatan kumpulan PKK Induk yang rutin dilaksanakan setiap bulannya.
Bapak dan ibu yang saya hormati,
Pada kesempatan pagi hari ini,saya ingin memberikan sedikit penjelasan tentang ROKOK. Bukan menjadi rahasia umum lagi dan dan tidak harus dipungkiri lagi kalau sikalangan para perokok sebetulnya sudah mengetahui ataupun merasakan dampaknya dari bahaya merokok tersebut, namun mereka seolah menutup mata dengan bermacam alasan. Padahal, asap rokok secara ilmiah sudah terbukti menyebabkan berbagai jenis penyakit. Oleh Karena itu berbagai negara termasuk negara berkembang memperketat peraturan tentang rokok untuk melindungi kesehatan rakyatnya, namun Indonesia justru menjadi surga bagi industri rokok.


Bapak dan ibu yang saya hormati
Meskipun banyak peraturan daerah yang dikeluarkan, misalnya "Dilarangan Merokok Ditempat Umum", tapi tidak sedikit pula para perokok tidak mentaati peraturan yang telah berlaku tersebut. Oleh karena itu, kita sebagai warga negara yang baik dan juga peduli akan kesehatan, marilah kita wujudkan hidup sehat tanpa asap rokok. Bagi para remaja, banyak yang beranggapan bahwa jika seorang remaja putra tidak merokok maka tidak gentle, sehingga dari hal tersebut membuka banyak kemungkinan seorang remaja putra untuk merokok.
Bapak dan ibu yang saya hormati,
Setiap batang rokok yang dinyalakan akan mengeluarkan lebih dari 4000 bahan kimia beracun yang membahayakan dan bisa menyebabkan kematian.
Melihat bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan rokok, maka kita perlu membuat tiga hal utama :
• Komunikasi dan informasi tentang bahaya merokok, baik bagi si perokok langsung maupun perokok pasif.
• Menyediakan tempat-tempat khusus bagi orang yang merokok agar yang bukan perokok tidak terkena dampak negatifnya.
• Jangan merasa segan untuk menegur perokok, jika anda merasa terganggu.
Beberapa alasan untuk berhenti merokok,diantaranya yaitu:
1. Menyebabkan Impotensi
2. Wajah keriput
3. Gigi berbercak dan nafas bau
4. Tulang rapuh
5. Depresi
6. Panutan yang buruk bagi anak
7. Kebakaran
Berikut strategi berhenti merokok, yaitu:
a) Rencanakan waktu berhenti
b) Konseling
c) Olahraga

Bapak dan ibu yang saya hormati,
Dari sedikit pembahasan yang saya sampaikan, merokok belum memiliki sisi positif selain keuntungan yang diperoleh para pedagang rokok. Oleh karena itu, sebelum kita mengenal rokok, lebih baik tidak usah mengenal sekalian karena rokok juga mengakibatkan kecanduan dan berbagai masalah mulai dari masalah kesehatan, lingkungan,dll. Mari kita budayakan hidup sehat tanpa rokok mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang.
Bapak dan ibu yang saya hormati,
Demikian sedikit penjelasan tentang rokok yang dapat saya sampaikan, apabila dalam penyampaian saya terdapat kesalahan,kekurangan maupun kata-kata yang kurang berkenan dihati bapak ibu sekalian, saya mohon maaf. Dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Billahi fii sabililhaq, wassalamu’alaikum wr. wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar