JAMINAN MUTU DAN MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN
JAMINAN MUTU DAN MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN
Latar Belakang
•UU Kesehatan no: 23 th 1992: menekankan pentingnya upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan
•Tujuan Pembangunan Kesehatan: mewujudkan Indonesia Sehat 2010, agar masyarakat mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan merata
Apa Itu Mutu?
• Kesesuaian dengan standart (Philip B. Crosby)
• Pemecahan masalah untuk mencapai kesempurnaan secara terus menerus (W. Edward Deming)
• Kesesuaian dengan harapan pelanggan (Joseph M. Juran)
• Kepuasan pelanggan (K. Ishikawa)
Mutu Pelayanan Kesehatan
• Tingkat kesempurnaan yankes yang memuaskan pelanggan sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata pelanggan, serta diberikan sesuai standart dan etika profesi.
• Puskesmas Idaman merupakan upaya untuk memberikan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat.
Cara Mengetahui Kepuasan Pelanggan
• Kotak saran
• Survey kepuasan pelaggan
Apa itu Standart Pelayanan Kesehatan
• Standart adalah tingkat pencapaian ideal yang diinginkan
Macam: standart input, standart proses dan standart output
• Input: 6M
• Proses: prosedure tetap
• Output: hasil
Apa Itu Etika Profesi
• Standart dari tindakan yang benar secara moral yang harus dilakukan, terdiri:
1. Menghindari masyarakat dari bahaya atau ancaman kesehatan
2. Menolong masyarakat
3. Menghormati hak masyarakat
4. Pemerataan dan keadilan
5. Pemanfaatan
Pengertian Kode Etik
• Norma-norma yang harus diindahkan oleh setiap profesi didalam melaksanakan tugas profesinya dan didalam hidupnya dimasyarakat
• Kode etik dibuat oleh organisasi profesi, dan dilaksanakan oleh anggota profesi
• Jika melanggar, ada sanksi dari organisasi profesi dan masyarakat
Pengertian Moral
• Nilai dan norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya
• Mengenai apa yang dianggap baik atau buruk di masyarakat dalam suatu kurun waktu tertentu sesuai perkembangan atau perubahan norma atau nilai
Prinsip Jaminan Mutu
1. Bekerja dalam tim
2. Fokus pada perubahan proses
3. Orientasi kinerja pada pelanggan
4. Pengambilan keputusan berdasarkan data
5. Adanya komitmen pimpinan dan keterlibatan bawahan dalam perbaikan proses pelayanan
Bentuk Jaminan Mutu
1. Prospektif: dilaksanakan sebelum yankes dilakukan: standarisasi, perizinan, sertifikasi, akreditasi
2. Konkuren: dilaksanakan bersamaan dengan yankes dilakukan: penilaian teman sejawat terhadap kepatuhan protap
3. Retrospektif: dilakukan setelah yankes diselenggarakan: telaah rekam medik, survei pelanggan
Apa Itu Manajemen Kesehatan
• Rangkaian/proses kegiatan yang bekerja secara sistematik untuk menghasilkan luaran kesehatan yang efektif dan efisien
• Manajemen Kesehatan meliputi: 3 Fungsi Manajemen yaitu:
1. Perencanaan (P1)
2. Pelaksanaan dan pengendalian (P2)
3. Pengawasan dan Pertanggung Jawaban (P3)
Perencanaan (P1)
• Rencana usulan kegiatan
1. Upaya Kesehatan Puskesmas Wajib
2. Upaya Kesehatan Puskesmas Pengembangan
• Rencana pelaksanaan kegiatan
1. Upaya Kesehatan Puskesmas Wajib
2. Upaya Kesehatan Puskesmas Pengembangan
Pelaksanaan dan Pengendalian (P2)
1. Pengorganisasian
• Penentuan penanggung jawab dan pelaksana kegiatan persatuan wilayah kerja
• Membagi habis pekerjaan
• Penggalangan kerjasama tim dg lintas sektoral
2. Penyelenggaraan: memperhatikan :
• Azas penyelenggaraan puskesmas
• Standar dan Pedoman pelayanan
• Menyelenggarakan kendali mutu dan kendali biaya
3. Pemantauan
• kinerja (cakupan, mutu, biaya)
• masalah dan hambatan
• menggunakan data dari SIMPUS
4. Penilaian – sumber data utama SIMPUS
• Pengawasan dan Pertanggungjawaban (P3)
Pengawasan
• Internal: oleh atasan langsung
• Eksternal: masyarakat, Dinas kesehatan, Lintas sektoral
Pertanggungjawaban
• laporan berkala ke Dinkes, masyarakat (Badan Penyantun)
• laporan pertanggung jawaban masa jabatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar